Monday 23 May 2016

Manajemen dan Manajer

A. PENGERTIAN

Manajemen berasal dari kata “to manage” yang berarti mengatur (mengelola) Manajemen adalah Usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain Manajemen : Ilmu dan Seni dalam proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengendalian dalam mengelola sumber daya yang terbatas secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
Manajemen adalah proses melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dan pengalokasian sumber-sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Manajer : Orang yang melaksanakan fungsi manajemen.




"Manajer adalah orang yang melaksanakan fungsi-fungsi manajemen tersebut"




Menurut Mary Parker Follet: “Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain” Menurut Stoner: “Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”. 

Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Perhitungan rasio antara keluaran (output) dengan masukan (input). Seorang manajer efisien adalah seorang yang mencapai keluaran (output) yang lebih tinggi (Hasil, produktivitas, performance) dibanding dengan masukan (hasil kerja, bahan, uang, mesin dan waktu) yang digunakan.

Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang telah ditetapkan. Seorang manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan. 

B. TINGKATAN LEVEL MANAJER 

Berdasarkan Tingkatannya :
1.Manajer Lini pertama (First line managers or lower managers). Adalah tingkatan manajemen yang paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Para manajer ini sering disebut dengan kepala atau pimpinan, mandor, dan penyelia (supervisor). 

2.Manajer Menengah (Middle managers). Para manajer ini membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lain bagi manajer ini adalah manajer departemen, kepala pengawas, dan sebagainya. 

3.Manajer Puncak (Top managers). Manajer yang bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Sebutan khasnya adalah direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden senior, dan sebagainya

Berdasarkan kegiatan-kegiatan organisasi

-Manajer umum (bertanggungjawab atas keseluruhan kegiatan organisasi).
-Manajer fungsional (bertanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi seperti produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian, dll).  
FUNGSI UTAMA MANAJER 

*Manajemen administratif lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan-kegiatan yang terkoordinasi untuk mencapai tujuan. 

*Manajemen operatif lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi, dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil-hasil secara efektif. 

C.FUNGSI MANAJEMEN 

-Perencanaan (planning) : meliputi pemilihan misi dan tujuan organisasi serta cara terbaik untuk mencapainya. 
-Pengorganisasian (organizing) : proses membagi pekerjaan, mengalokasikan sumber daya, dan pengaturan serta koordinasi aktivitas anggota organisasi untuk melaksanakan rencana. 
-Penggerakan (actuating) : mempengaruhi anggota organisasi agar mereka memberikan konstribusi terhadap tujuan kelompok dan organisasi. 
-Pengendalian (controlling) : pengukuran dan pengkoreksian kerja individu dan organisasi. 

Role (Peran) Of Manager Interpersonal role Berkomunikasi dan berhubungan dengan seluruh anggota organisasi. Informational role Menyampaikan informasi Decision making role Manajer akan dihadapkan pada aktivitas untuk mencapai tujuan, untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan hal-hal yang perlu diambil, manajer harus memutuskan hal mana yang harus dilakukan atau tidak dilakukan.

0 comments:

Post a Comment