Thursday 26 May 2016

Harus Mampu Menguasai Bahasa Asing

Perguruan tinggi dituntut harus senantiasa mempertahankan mutu dan kualitas luarannya, agar bisa bersaing dalam era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sebenarnya luaran perguruan tinggi kita dari segi keterampilan dan penguasan ilmu pengetahuan tidak kalah, tetapi selama ini jadi tantangan adalah soal penguasaan bahasa. kedepan keterampilan berbahasa asing tidak hanya bahasa inggris tetapi juga bahasa - bahasa dengan penutur yang mayoritas di negara asing lainnya selayaknya juga dikuasai.

demikian penegasan koordinator kopertis wilayah IX Sualwesi, Prof, Dr. Ir. Andi Niartiningsih, MP, dalam setiap kesempatan memberi sambutan pada acara wisuda, kuliah umum dan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya dikampus PTS se-Sulawesi sepanjang tahun 2015.

Dijelaskan dalam era MEA kita jangan hanya jadi penonton, tetapi harus siap menghadapinya, sekaligus menjadi pemain, tentudengan kualitas yang dimiliki. menjalani MEA tidak cukup hanya penguasaan akademik, tetapi juga harus punya *Soft Skill* yang mampu mengendalikan emosi serta mampu berkomuniukasi secara baik.

agar tidak kalah tersingkir dalam persaingan harus mampu menghadirkan sumber daya berkomponen memiliki daya saing unggul, sehingga bangsa kita mampu bersaing dengan negara - negara tetangga lainnya.

perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab sangat penting dalam mempersiapkan SDM lebih berkualitas dan berdaya saing, oleh karena itu perlu ada standar kompetensi loulusan perguruan tinggi sebagaimana di atur dalam pelaksanaan kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI) tandas seorang asesor BAN -PT ini.

Sumber : Cerdas
Oleh : Ulla-wahab-yahya

0 comments:

Post a Comment